Banner Utama
Suprianto
Bagaimana tentang Prosedur Penanganan Bencana di daerah rawan banjir dan apakah ada SOP khususnya untuk diwilayah DKI Jakarta

Jawaban:

Secara umum SOP penanganan daerah rawan banjir di Jakarta masih dalam tahap kordinasi antar instansi di pemprov DKI Jakarta. Namun pertemuan yang pernah dilakukan tanggal 12 desember 2008 di Bapeda DKI Jakarta menghasilkan hal-hal yang berkaitan dengan pengurangan resiko banjir dijakarta sesuai dengan Kerangka Kerja Aksi Hyogo (Hyogo Framework for Action - HFA) untuk Pengurangan Risiko Bencana (PRB).

1. Mengeksplorasi pelajaran-pelajaran yang didapat dalam tanggap darurat banjir baik yang dialami oleh Pemerintah maupu juga pelaku lainnya (komunitas internasional dan LSM nasional).

2. Berbagi informasi mengenai kapasitas respon baik dari pihak Pemerintah maupun dari pelaku lainnya serta menyusun pemetaan pelaku dalam kegiatan pengurangan risiko bencana di wilayah Jabodetabek menggunakan peta yang tersedia dalam www.un.or.id/untwg.

3. Mengeksplorasi kebutuhan dari Pemerintah dan mencari kemungkinan untuk memperkuat sinergi di antara para pelaku kegiatan pengurangan risiko bencana di Jabodetabek.

4. Mengeksplorasi rencana kesiapsiagaan banjir (termasuk mekanisme koordinasi dan SOP) berdasarkan Peraturan Gubernur tahun 2002; mengadvokasi dan mendiskusikan potensi sinergi di antara para peserta rapat dalam rencana kesiapsiagaan banjir yang telah dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Info Teknologi

Superior CAFSystems™ - Midship Mounted Fire Pumps from Waterous

aterous vehicle-mounted CAFSystems™ provide fire industry professionals with easy-t